Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya 

Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya

Selamat datang di website kami www.walatrasehatmata1.com, disini kami selalu memberikan informasi kesehatan yang bermanfaat untuk anda semua. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya. Penasarankan??mari kami akan jelaskan tentang penyebab ablasio retina. Baca juga: Cara menyembuhkan retina mata lepas

Sekilas tentang ablasio retina

Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya – Ablasio retina adalah suatu kondisi dimana bagian retina sensoris lepas dari epitel pigmennya (RIDE). Kondisi ini merupakan gangguan pada mata yang sangat berbahaya meskipun lebih banyak dialami oleh orang yang sudah berusia paruh baya. Resiko orang menderita penyakit ablasio mata akan lebih besar pada para penderita rabun jauh atau yang juga disebut sebagai kelainan miopia dan orang yang memiliki riwayat penyakit ablasia retina.

Penyakit ablasio retina bisa juga disebabkan oleh adanya penyakit lainnya seperti halnya penyakit tumor atau karena adanya peradangan hebat yang dikarenakan oleh komplikasi dari penyakit diabetes. Penyakit ini harus segera diatasi karena jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang lebih serius diantaranya yaitu menyebabkan memburuknya penglihatan bahkan dapat mengakibatkan kebutaan total. Alasannya adalah retina adalah bagian di dalam mata yang tersusun dari sel-sel kecil dalam jumlah yang sangat banyak serta terdapat serabut saraf, retina adalah hal penting dalam organ mata sebab berada di jalur penglihatan dan memegang peranan penting dalam hal penglihatan. Letak retina ini ada dibelakang persis lensa mata yang berfungsi sebagai pengambil gambar pada cahaya yang dipantulkan oleh cahaya yang masuk ke dalam lensa mata.

Penyebab ablasio retina

  1. Usia
    Semakin bertambahnya usia seseorang, kemungkinan untuk mengalami penyakit ini akan semakin besar. Alasanya yaitu orang yang sudah paruh baya atau tua semakin memiliki resiko untuk mengalami robekan atau luka di bagian retina mata. Kebanyakan robekan ada di bagian korpus vietrum. Korpus vietrum adalah bagian yang sangat lunak menyerupai agar-agar dan sangat mudah lepas serta rusak terutama jika terjadi gangguan pada mata.
  2. Adanya luka atau sobekan di retina
    Penyakit ablasio retina ini lebih banyak terjadi pada kondisi adanya sobekan dan lubang yang ada di dalam retina mata. Luka pada retina ini bisa mempengaruhi kinerja retina di dalam organ mata sehingga daya penglihatan lama kelamaan akan menurun.

Gejala ablasio retina

  • Photosial atau light flashes
    Pantulan serta kilatan cahaya yang bisa terlihat saat kondisi ruangan yang kurang penerangan ketika bola mata sedang bergerak pada sudut yang tertentu dan tanpa kita sadari sebelumnya.
  • Floaters
    Adanya titik-titik dan garis tak beraturan seperti benang benda-benda yang seperti melayang dan terbang yang diakibatkan adanya kekeruhan di vitrum, adanya darah, dan adanya pigmen retina yang lepas.
  • Adanya semacam kabut tipis putih
    Berbentuk bundar yang perlahan melewati bawah bola mata lalu menuju atas bola mata yang lama-kelamaan dapat menutupi bola mata secara utuh. Kondisi ini dapat menyebabkan pandangan benar benar terhalang.
  • Berkurangnya ketajaman penglihatan
    Hal ini diakibatkan adanya kabut tipis yang menghalangi penglihatan yang lama-kelamaan kabut tersebut menjadi tebal.
  • Mata mengeluarkan air terus menerus berwarna kemerahan dan timbul gatal.
  • Adanya bayangan yang mulai turun dari atas bola mata. Ini adalah indikasi bahwa dalam bola mata telah terjadi pelepasan retina.

Pengobatan ablasio retina

Setelah anda melakukan diagnosa mata dengan dokter spesialis mata dan penyakit mata anda adalah balasio retina maka diperlukan langkah pengobatan yang tepat. Pengobatan akan menyesuaikan dengan penyebab dari penyakit tersebut. Pengobatan juga akan dilakukan dengan melihat kondisi kesehatan yang sedang anda miliki, misalnya jika anda sedang mengalami penyakit lainnya juga harus dipertimbangkan apakah pengobatan tersebut akan memperparah penyakit lainnya tersebut atau tidak. Berikut ini beberapa prosedur pengobatan yang bisa dilakukan oleh pasien ablasio retina mata.

1.Operasi
Operasi kebanyakan menjadi pengobatan medis untuk mengobati berbagai macam penyakit mata khususnya katarak. Operasi ablasio retina menyesuaikan dengan luas atau tidaknya area retina mata yang terkena hal tersebut. Operasi juga akan melihat seberapa tingkat keparahan dari penyakit ablasio mata yang diderita. Namun dari keseluruhan jeni operasi biasanya akan menuju pada satu hal yaitu mendekatkan bagian retina mata dan lensa mata supaya tetap melekat karena bagian pelekatnya mengalami sobekan dan gugur.

Pada prosedur ini bisa menggunakan bantuan silicon untuk mengeratkannya. Operasi juga akan menghilangkan jaringan parut yang sudah robek dan rusak sehingga tidak akan memperparah keadaan lagi nantinya.

2.Prognosis
Pengobatan prognosis ini dilakukan setelah prosedur operasi dilakukan. Jadi, setelah retina mata dan lensa mata sudah berhasil didekatkan kembali seperti sedemikian rupa maka yang akan menjadi pertanyaan adalah apakah penglihatan akan menjadi lebih baik atau tidak? penglihatan biasanya akan pulih dalam waktu 6 bulan lamanya setelah operasi dilakukan.

Itulah sekilas tentang Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung di web kami.

Penyebab Ablasio Retina Dan Cara Mengobatinya

Baca juga:

Cara order walatra sehat mata softgel

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *